Indikator dalam sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan penanda pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Indikator tersebut ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan ketrampilan.
Indikator dalam RPP dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
Kata Kerja Operasional (KKO) indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkret ke abstrak (bukan sebaliknya). Kata kerja operasional pada KD benar-benar terwakili dan teruji akurasinya pada deskripsi yang ada di kata kerja operasional indikator pembelajaran.
Dalam menyusun RPP dan merumuskan indikator pembelajaran, seorang guru memerlukan kata kerja operasional sebagai langkah konkret untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berikut ini adalah daftar kata kerja operasional yang dapat digunakan dalam merumuskan indikator pembelajaran, baik menyangkut aspek Kognitif, Afektif, maupun Psikomotor.
Indikator dalam RPP dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
Kata Kerja Operasional (KKO) indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkret ke abstrak (bukan sebaliknya). Kata kerja operasional pada KD benar-benar terwakili dan teruji akurasinya pada deskripsi yang ada di kata kerja operasional indikator pembelajaran.
Dalam menyusun RPP dan merumuskan indikator pembelajaran, seorang guru memerlukan kata kerja operasional sebagai langkah konkret untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berikut ini adalah daftar kata kerja operasional yang dapat digunakan dalam merumuskan indikator pembelajaran, baik menyangkut aspek Kognitif, Afektif, maupun Psikomotor.
ASPEK
KOGNITIF
|
|||
No
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
KOMPETENSI
|
|
1
|
Knowledge (Pengetahuan)
|
Menyebutkan, menuliskan,
menyatakan, mengurutkan mengidentifikasi, mendefinisikan, mencocokkan,
memberi nama, memberi label, dan melukiskan.
|
|
2
|
Comprehension (Pemahaman)
|
Menerjemahkan, mengubah,
menggeneralisasi, menguraikan, menuliskan kembali, merangkum, membedakan,
mempertahankan, menyimpulkan, mengemukakan pendapat, dan menjelaskan.
|
|
3
|
Application (Penerapan)
|
Mengoperasikan, menghasilkan,
mengubah, mengatasi, menggunakan, menunjukkan, mempersiapkan, dan menghitung.
|
|
4
|
Analysis (Analisis)
|
Menguraikan, membagi-bagi,
memilih, dan membedakan.
|
|
5
|
Synthesis (Sintesis)
|
Merancang, merumuskan,
mengorganisasikan, menerapkan, memadukan, dan merencanakan.
|
|
6
|
Evaluation (Evaluasi)
|
Mengkritisi, menafsirkan,
mengadili, dan memberikan evaluasi.
|
|
ASPEK
AFEKTIF
|
|||
No
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
KOMPETENSI
|
|
1
|
Receiving (Penerimaan)
|
Mempercayai, memilih, mengikuti,
bertanya, dan mengalokasikan.
|
|
2
|
Responding (Menanggapi)
|
Konfirmasi, menjawab, membaca,
membantu, melaksanakan, melaporkan, dan menampilkan.
|
|
3
|
Valuing (Penanaman nilai)
|
Menginisiasi, mengundang,
melibatkan, mengusulkan, dan melakukan.
|
|
4
|
Organization (Pengorganisasian)
|
Memverifikasi, menyusun,
menyatakan, menghubungkan, dan mempengaruhi.
|
|
5
|
Characterization
(Karakterisasi)
|
Menggunakan nilai-nilai sebagai
pandangan hidup, mempertahankan nilai-nilai yang sudah diyakini
|
|
ASPEK
PSIKOMOTOR
|
|||
No
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
KOMPETENSI
|
|
1
|
Observing (Pengamatan)
|
Mengamati proses, memberi
perhatian pada tahap-tahap sebuah perbuatan, memberi perhatian pada sebuah
artikulasi
|
|
2
|
Imitation (Peniruan)
|
Melatih, mengubah, membongkar
sebuah struktur, membangun kembali sebuah struktur, dan menggunakan sebuah
model.
|
|
3
|
Practicing (Pembiasaan)
|
Membiasakan perilaku yang sudah
dibentuknya, mengontrol kebiasaan agar tetap konsisten.
|
|
4
|
Adapting (Penyesuaian)
|
Menyesuaikan model, mengembangkan
model, dan menerapkan model.
|
|
Itulah pedoman dalam menggunakan kata kerja operasional yang digunakan untuk merumuskan indikator pembelajaran dalam menyusun RPP untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mengukur keterlaksanaannya, mencangkup kompetensi aspek kognitif, afektif
Link Kurikulum 2013 Super Final bisa anda dapat di area Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar